Anggota Kelompok:
Pada hari sabtu tanggal 16 Juni 2012, kami diberikan tugas untuk melakukan simulasi peran Pedagogi dan Andragogi, berikut simulasi yang kelompok kami lakukan...
Paedagogi
Simulasi paedagogi yang kelompok
rancang mempunyai setting di lapangan olahraga. Merinda berperan sebagai guru
dan Fonds dan Chindy berperan menjadi murid sekolah dasar (SD) kelas 1.
Mula-mula lakon yang dilakukan kelompok yaitu guru membawa murid-murid ke
lapangan untuk olahraga. Setelah berbaris, kemudian kegiatan olahraga pun
dimulai. Murid mengikuti gaya olahraga yang dilakukan sang guru secara tahap
per tahap. Namun, murid juga melakukan beberapa kesalahan ketika berolahraga sehingga
guru yang membenarkan dan kemudian murid pun mengikuti kebali gaya olahraga
yang benar.
Jadi, pada paedagogi gurulah yang
mengarah pembelajaran dan murid hanya menjadi peserta pasif.
Andragogi
Pada simulasi andragogi, peran yang
kelompok lakukan yaitu Merinda dan Fonds berperan menjadi peserta didik dan
Chindy berperan sebagai pendidik. Dari simulasi ini dapat dilihat bahwa pada
andragogi peserta didik telah memiliki kesadaran sendiri untuk menyelesaikan
atau mencari pemecahan masalah dan pendidik hanya berperan sebagai fasilitator.
Simulasinya sebagai berikut :
Pada akhir pelajaran, pendidik
memberitahukan materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya kepada
peserta didik. Setelah pelajaran selesai, peserta didik dengan kemauan dan
kesadaran sendiri pergi mencari tahu tentang materi yang telah diberitahukan
sebelumnya dengan terjun langsung ke lapangan untuk menelitinya. Sehingga pada
pertemuan selanjutnya peserta didik telah siap dan apabila terdapat hal yang
kurang dipahami akan ditanyakan kepada pendidik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar