Jumat, 01 Juni 2012

Survey Online

Dalam rangka menyelesaikan tugas survey online pada mata kuliah Psikologi Pendidikan, saya membuat survey yang berisi 5 pernyataan yang berhubungan dengan Metode belajar yang Digunakan, yang juga menjadi topik survey saya ini. Survey ini diisi secara online oleh 55 mahasiswa-mahasiswi fakultas psikologi Universitas Sumatera Utara angkatan 2011. Berikut adalah pernyataan-pernyataan dan juga tanggapan-tanggapan yang diberikan atas pernyataan tersebut.

1. Saat belajar, saya membutuhkan ruangan belajar yang tenang

 Setuju 
 43

 79.63% 
 Netral 
9

 16.67% 
 Tidak Setuju 
 2 

 3.70% 

2. Saat belajar, saya dapat belajar dalam kondisi ruangan apapun, tidak harus pada kondisi ruangan yang tenang

 Setuju 
 12

 22.22% 
 Netral 
 14

 25.93% 
 Tidak Setuju 
 28 

 51.85% 

3. Saat belajar, saya harus mendengarkan musik favorit saya agar lebih bersemangat belajar

 Setuju 
 12 

 22.22% 
 Netral 
 32

 59.26% 
 Tidak Setuju 
 10 

 18.52% 

4. Saat belajar, saya perlu menghafal materi dengan membaca dalam hati

 Setuju  18 

 33.96% 
 Netral  27 

 50.94% 
 Tidak Setuju  8 

 15.09% 


5. Saat belajar, saya menghafal materi dengan cara membaca (bersuara) agar lebih mudah untuk diingat

Setuju  31 

 57.41% 
 Netral  15 

 27.78% 
 Tidak Setuju  8 

 14.81% 


Tabel diatas merupakan hasil dari survey online yang telah ditanggapi oleh 55 peserta yang mengikutinya. dapat kita lihat bahwa, rata-rata peserta setuju bahwa ada pengaruh situasi / keadaan ruangan dalam proses belajar dan cara menghafal materi dengan membacakan materi tersebut (bersuara). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ruangan belajar yang paling sesuai untuk belajar adalah ruangan yang tenang dan membaca keluar suara materi yang dipelajari, sehingga konsentrasi belajar juga meningkat.

Saya sendiri juga merasa bahwa ruangan mempengaruhi proses belajar saya. Apabila pada ruang belajar yang bising, saya akan merasa terganggu dan proses belajar saya pun terhambat. Apabila ruangan belajar saya tenang saya akan lebih mudah untuk memahami suatu pelajaran yang sedang daya pelajari. Cara menghafal materi dengan bersuara juga sangat bermanfaat bagi saya. Dengan cara ini, saya merasa lebih mudah untuk menghafal dari pada dengan metode membaca dalam hati.

Survey Online yang saya coba kali ini, merupakan sebuah hal yang baru untuk saya karena saya sendiri juga tidak pernah mencoba melakukan survey secara online. Survey online ini dapat dilakukan oleh peneliti lainnya, sebab selain dilaksanakan tanpa menggunakan print out (menghemat biaya dan membantu mencegah Global Warming), suvey ini dapat dilaksanakan tanpa bertatap muka untuk membagikan print out tersebut.
Namun ada beberapa kendala apabila menggunakan survey online, antara lain:
  •  Sebelum menyuruh seseorang untuk mengisi survey kita harus memberikan link agar setiap individu dapat mengisi link tersebut.
  • Tidak semua orang mau mengisi survey tersebut karena takut merupakan sebuah website yang bervirus.
  •  Tidak semua orang memiliki fasilitas internet dan computer / laptop untuk mengisi survey tersebut.
Survey Online ini merupakan hal yang sangat praktis juga apabila masing-masing individu tersebut memiliki fasilitas internet dan juga komputer/laptop. Dalam applikasi yang saya gunakan untuk melakukan Survey Online ini juga menyediakan banyak fasilitas-fasilitas didalamnya dan memudahkan kita dalam menghitung hasil survey kita tersebut, sehingga kita tidak perlu menghitung hasil survey tersebut lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar